Menparekraf Tinjau Pembangunan Fasilitas Pendukung Parekraf di IKN

Published

By

Author
photo

Balikpapan, 2 Mei 2024 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau dan memantau secara langsung progres pembangunan fasilitas pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang diproyeksikan akan selesai pada akhir Juni atau awal Agustus 2024.

Menparekraf Sandiaga memulai peninjauan dari Rumah Tapak Jabatan Menteri, Selasa (30/4/2024) sore. Menparekraf Sandiaga meninjau rumah dinas Menteri yang selaras dengan konsep compact city dengan luas lahan 1.000 meter dan luas bangunan 580 meter. Pembangunan rumah tersebut mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan.

Hal ini mengacu pada proyeksi IKN yang akan menjadi kawasan "Future Smart Forest City of Indonesia".

"Rumah ini memang di desain sangat fungsional di setiap ruangnya. Tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil. Dan ini sudah kita pastikan juga mengacu pada prinsip-prinsip keberlanjutan," kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga kemudian bergerak menuju lokasi pembangunan Hotel Nusantara yang dilengkapi kurang lebih 190 kamar. Hotel Nusantara ini akan menjadi hotel pertama di kawasan IKN yang menunjang aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Baca juga berita : Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong Bahas Perjanjian FIR Hingga Investasi di IKN

Lokasi selanjutnya yang dikunjungi oleh Menparekraf Sandiaga adalah Plaza Seremoni. Dimana Plaza Seremoni menjadi area terbuka dari pusat aktivitas pemerintahan IKN. Terletak di sisi selatan Istana Kepresidenan, Wetland Park, Visitor Center, Ceremonial Lawn, Mini Amplitheater, hingga Gerai Produk Ekonomi Kreatif.

"Setelah kita meninjau tadi beberapa fasilitas parekraf bisa kita pastikan insya Allah di akhir Juli atau awal Agustus siap dioperasikan," kata Sandiaga.

"Kami juga memastikan fasilitas sentra ekonomi kreatif akhir Juli atau awal Agustus bisa difungsikan sehingga nanti UMKM lokal bisa mulai berkreasi dan memulai pelatihan dan pendampingan agar nanti pas acara besar pada 17 Agustus mereka sudah siap," kata Sandiaga.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang rencananya dipimpin oleh Presiden Joko Widodo akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

Dalam kunjungan itu, Menparekraf didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso dan Kepala Biro Umum, Hukum dan Pengadaan, Sigit Joko Poernomo.

Hadir pula mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono; Direktur Budparekraf Otorita IKN, Mukhsin; Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur, KemenPUPR, Rozali Indra; dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Ririn Sari Dewi.

Baca Berita Menarik Lainnya di Google News